Kamis, 03 September 2015

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Lambung


Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Lambung



Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Lambung - Pantangan makanan adalah daftar makanan-makanan yang tidak boleh dimakan. Bukan karena makanan tersebut beracun, tetapi makanan tersebut dapat memicu kambuhnya suatu gangguan kesehatan yang diderita oleh seseorang. Jadi makanan-makanan yang masuk kedalam daftar pantangan makanan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit yang bersangkutan meskipun sebenarnya makanan-makanan tersebut tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh orang sehat.

Salah satu contoh pantangan makanan adalah pantangan makanan yang berlaku bagi penderita penyakit lambung. Berikut rinciannya.
 

Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Lambung Tinggi :

  1. Makanan & Minuman yang merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi , minuman beralkohol 5-20% , anggur putih dan sari buah sitrus
  2. Makanan & buah-buahan yang banyak mengandung gas seperti lemak , sawi , nangka , pisang ambon , kedondong , buah yg dikeringkan dan minuman bersoda
  3. Makanan yang sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak , kue tart , keju
  4. Makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka , pedas , merica dan bumbu yg merangsang produksi asam lambung
  5. Rokok
  6. Makanan tinggi lemak seperti gorengan
  7. Beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan , mie , bihun , bulgur , jagung , singkong , tales , serta dodol
  8. Makanan yang terlalu manis
  9. Minuman bersoda
  10. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol , coklat.
 

Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Maag:

  1. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung: nasi keras, ketan, jagung, ubi talas.
  2. Sumber Protein Hewani: daging yang berlemak,ikan asin, ikan pindang.
  3. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat: Sayuran tertentu (sawi, kol, nangka muda,nanas), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon, durian), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan)
  4. Minuman yang mengandung soda dan alkohol: soft drink, tape, susu, anggur putih dan kopi.
  5. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica.
  6. Obat suplemenyang bersifat asam dan merangsang keluarnya asam lambung  zat besi, vitamin C, asam salisilat, acetosal, kartikosteroid dan obat-obat anti rematik.
  7. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
  8. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, santan kental, goreng-gorengan.

Dengan adanya pantangan makanan tersebut, diharapkan penderita penyakit lambung dapat lebih menjaga pola makannya untuk membantu proses pengobatan yang sedang dilakukan agar proses pemulihan dapat berjalan dengan lebih lancar dan cepat.
Adapun untuk yang tidak memiliki penyakit lambung, ini menjadi contoh untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat agar tubuh terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang bisa menyerang sewaktu-waktu.

Demikianlah artikel mengenai Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Lambung. Terimkasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat!



Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar